Mantap! Pemerintahan Kampung Penderesaril Gelar Rembuk Stunting

Kamis, (17/09/2020) bertempat di gedung TPA Kampung Pendere Saril Kecamatan Bebesen dilaksanakan Rapat Rembuk Stunting Untuk  Tahun Anggaran 2021. Dihadiri oleh Reje, RGM Pendere Saril, PD Kec Bebesen, Kepala Puskesmas serta Ahli Gizi Kecamatan Bebesen, Bhabinkamtibmas, Kader KPM, Kader PKK, Kader Posyandu, Bidan Desa, unsur masyarakat,  serta Perangkat Kampung Pendere Saril.

Acara rembuk stunting dibuka langsung Ketua RGM, Ali Hasan BA. dimana dalam sambutannya menjelaskan tentang pentingnya mengetahui bahayanya stunting dan cara pencegahannya yang mana stunting sendiri merupakan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama pada anak sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak yakni tinggi badan anak lebih rendah atau pendek dari standar usianya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kecamatan bebesen Menjelaskan  selain menyebakan pertumbuhan yang tidak maksimal, stunting atau gangguan tumbuh kembang ini juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan dalam prestasi akademis anak di masa depan, jelasnya.

Untuk Tahun 2021 Pencegahan stunting  masuk dalam Program Prioritas Nasional. Rembuk stunting ini berfungsi sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, masyarakat Kampung dengan pemerintah Kampung dan RGM untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Kampung khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Kampung.

Sesuai Permendes No. 6 Tahun 2020, sebagai bentuk Perubahan Permendes No. 11 Tahun 2019, terutama Prioritas Penggunaan Dana Desa ( DD ) banyak menitik beratkan pada bentuk kegiatan-kegiatan berupa Pelatihan yang berhubungan dengan Masalah Pola Hidup Bersih, juga pada Pengasuhan Penyuluhan masalah Kesehatan baik Anak dan Ibu.

Dalam rembuk stunting juga dibahas usulan-usulan terkait pencegahan dan penanganan stunting yang nantinya diusulkan dalam penyusunan Rencana Kegiatan Pembangunan Desa 2021.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan