Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) Pendere Saril 2021

Minggu, (21/02/2021) Padat Karya Tunai Desa merupakan kegiatan pemberdayaan masyarakat desa khususnya masyarakat miskin dan marginal yang bersifat produktif dengan mengutamakan pemanfaatan sumber daya tenaga kerja dan teknologi lokal untuk memberikan tambahan upah/ pendapatan, meningkatkan daya beli, mengurangi kemiskinan, dan sekaligus mendukung penurunan angka stunting.

Padat Karya Tunai Desa dalam pelaksanaan Dana Desa diharapkan dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar, dengan memberikan honorarium (upah) langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat, baik secara harian maupun mingguan, sehingga dapat memperkuat daya beli masyarakat, meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.Kriteria keterlibatan warga desa dalam program PKTD yaitu pengangguran, keluarga miskin dan warga marginal lainnya, termasuk juga perempuan kepala keluarga.

Pemerintah Kampung Pendere Saril berhasil menyerap sedikitnya 12 orang tenaga kerja dalam 11 (Sebelas) hari dari Program Kegiatan Padat Karya Tunai Desa (PKTD) tahun ini. Di mana sumber dana kegiatan PKTD tersebut berasal dari Dana Desa . Pelaksanaan Program PKTD ini dimulai pada Minggu (10/02/2021) beberapa waktu yang lalu dan berakhir pada hari Minggu (21/02/2021). Untuk jam pelaksanaannya dimulai pada pukul 08.00 ā€“ 16.00 WIB selama 11 (Sebelas) hari.

Dalam situasi wabah covid-19 dalam melaksanakan kegiatan PKTD di Kampung Pendere Saril mengikuti ketentuan protokol kesehatan dengan menerapkan jarak aman, dan menggunakan masker

Prioritas Dana Desa 2021 berdasarkan Permendesa PDTT 13 tahun 2020 salah satunya adalah Padat Karya Tunai Desa (PKTD)

Pelaksanaan program padat karya diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat, sehingga terjadi pemerataan ekonomi ke perkampungan sekaligus untuk mengatasi kesenjangan. Untuk program padat karya tahun 2021 Kampung Pendere saril membangun jalan Rabat Beton. Yang pengerjaannya selama 11 hari.

 

1 Comment

Tinggalkan Balasan