PELATIHAN KERAJINAN GAYO “MUNAYU” DI KAMPUNG PENDERE SARIL

Penderesaril.desa.id 10-07-2021 Pemerintah Kampung Pendere Saril Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah menggelar Pelatihan Kerajinan Gayo “Munayu”, Pelatihan tersebut dipusatkan di TPA Kampung, Pelatihan dilaksanakan selama 1 hari Penuh.

Pada Kesempatan ini, sambutan Reje Kampung Pendere Saril yang diwakili oleh Kaur Kesra,Bpk. Pulih Sabri mengharapkan peserta kegiatan dapat menyerap ilmu dan mengikuti secara sunggu- sungguh  agar setelah selesai kegiatan bisa menghasilan nilai ekonomis yang positif.

Pelatihan kerajinan Gayo ini di danai oleh pemerintah Kampung Pendere Saril melalui Dana Desa tahap II Tahun 2021 dan di ikuti oleh 30 peserta yang berasal dari tiga Dusun yang ada di Kampung Pendere Saril yang di ambil dari kalangan Remaja, Ibu-ibu PKK dan Ibu-ibu rumah tangga.

Sementara itu Ibu Sari Murni selaku tutor dalam pelatihan tersebut berharap,  “sembari untuk melestarikan budaya gayo yang hampir punah ini .Kerajinan tangan Gayo ini nantinya bisa menjadi penghasilan tambahan keluarga, sekarang tinggal ketekunan dan kemauan saja sehingga kita bisa menghasilkan produk kerajianan yang berkualitas dan mampu menarik pembeli di pasaran nantinya. Sebelumnya pada saat ini masih jarang Kampung yang ada di Aceh Tengah yang sudah bisa menghasilkan produk kerajinan tangan yang bisa mengangkat nama baik Kampung nya dan berharap di Kampung Pendere Saril nantinya bisa menjadi Kampung penghasil produk kerajinan tangan yang berkualitas,” Tutupnya.

Pada pelatihan kali ini peserta dibimbing membuat kerajinan tangan berupa pembuatan alas kertan, dan kerajinan tangan lainnya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan