SHALAT IDHUL ADHA 1444 H DI KAMPUNG PENDERE SARIL

  • Jun 29, 2023
  • Admin

PendereSaril.desa.id.29-06-2023. Masyarakat Kampung Pendere Saril Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah malaksanakan Sholat Idul Adha Tahun 1444H 2023M dilapangan umum bertempatan di pinggir sungai peusangan, Sholat Idul Adha pada tahun ini diselenggarakan seperti biasanya dengan penuh hikmat

Bertindak Selaku Imam Shalat pada Kali ini yaitu Tgk. H.M Yakub dan Selaku Khatib yaitu Tgk.Walid M.Ag. dalam khutbahnya Tgk.Walid.M.Ag  menyampaikan  Tak ada perbedaan antara lelaki atau perempuan dalam hal berkurban. Keduanya memiliki anjuran yang sama. Dalam rumah tangga, suami atau isteri yang memiliki penghasilan dapat mengatas namakan satu hewan kurban untuk satu keluarga. Diperbolehkan pula, satu hewan kurban atas satu nama saja.

Bila terdapat anggota keluarga yang meninggal dunia, anggota yang masih hidup dapat mengatasnamakan hewan kurbannya atas nama anggota yang telah meninggal.

Hewan kurban yang boleh disembelih adalah sapi, Kerbau ,kambing, dan unta yang tidak memiliki cacat sama sekali. Keempatnya memiliki kriteria usia hewan yang boleh disembelih yang berbeda pula. Setahun untuk kambing, dua tahun untuk sapi dan kerbau, dan lima tahun untuk unta.

Satu kambing diperbolehkan atas satu nama pribadi atau keluarga. Jika sapi, maksimal atas tujuh nama pribadi atau keluarga.

"Jika seseorang tidak mampu membeli kambing, ayam pun boleh. lalu dibagikan kepada orang-orang disekitarnya," (Tgk. Walid.M.Ag).

Sepertiga dari daging yang disembelih dapat di ambil oleh keluarga yang menyembelih, lalu sepertiga dibagikan kepada para fakir miskin. Sepertiga lagi untuk dihadiahkan kepada tetangga atau yang berhak menerima. Pahala lebih, jika seluruh daging disedekahkan ke orang yang membutuhkan.

Ketika menyembelih, umat yang memiliki hewan kurban disunahkan untuk menyembelih sendiri. Namun, jika tak mampu, umat tersebut dapat meminta tolong pada tukang jagal atau pemotong hewan kurban.