PEMDES PENDERE SARIL MELAKSANAKAN REMBUK STUNTING TAHUN 2024

  • Dec 07, 2023
  • Admin
  • BERITA, PEMERINTAHAN, KESEHATAN

Penderesaril.desa.id[  Kamis, 07 Desember 2023 Bertempat di TPA Kampung Pendere Saril, Pemerintah Kampung Pendere Saril melaksanakan kegiatan Rembuk Stunting tingkat Kampung tahun 2023 yang dihadiri oleh Aparatur Pemerintahan Desa, Pendamping Desa, RGM, Kepala Puskesmas Bebesen, Ketua Tim Penggerak PKK Pendere Saril, Bidan Desa, Kader Posyandu Pendere Saril.

Stunting merupakan kondisi gagal tumbuh dan kembang pada anak akibat kekurangan gizi di 1.000 ( seribu) hari pertama kelahiran anak.

Rembuk stunting sebagai forum musyawarah antara kader kesehatan, PAUD, masyarakat dengan pemerintah Desa dan RGM untuk membahas pencegahan dan penanganan masalah kesehatan di Desa khususnya stunting dengan mendayagunakan sumber daya pembangunan yang ada di Desa.

Adapun agenda kegiatan utama yang dibahas dalam rembuk stunting meliputi:
1). Pembahasan usulan program/kegiatan intervensi yang disusun dalam diskusi kelompok terarah,
2). Penyepakati prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif.
3). Kesepakatan hasil rembuk stunting lalu dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh Reje dan Ketua RGM Kampung Pendere Saril.

Rembuk stunting merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah Kampung dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Kampung tahun 2024, yang juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah Kampung agar memprioritaskan penggunaan Dana Desa tahun 2024 untuk pencegahan dan penanganan stunting. Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah kampung dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak. Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah satu komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.