KEGIATAN PADAT KARYA TUNAI DESA PENDERE SARIL (PKTD) TAHUN ANGGARAN 2024

  • Sep 19, 2024
  • Admin
  • BERITA, DANA DESA, PEMBANGUNAN

Penderesaril.desa.id 19-09-2024] Padat Karya Tunai (PKTD) merupakan program Nasional Pemerintah Pusat berupa kegiatan pemberdayaan masyarakat Kampung, khususnya bagi masyarakat miskin dan bersifat produktif yang mengutamakan pemanfaatan sumberdaya tenaga kerja dan teknologi lokal untuk untuk menambah pendapatan, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar. Berdasarkan Pasal 4 Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, pengaturan Desa bertujuan antara lain untuk memajukan perekonomian masyarakat Desa, mengatasi kesenjangan pembangunan serta memperkuat masyarakat Desa pada khususnya.

Pada tahun 2024 Desa Pendere Saril juga telah melakukan kegiatan PKTD ( Padat Karya Tunai Desa) berupa Rehabilitasi Jalan Rabat Beton Kampung Pendere Saril sepanjang 180 M yang terletak di Dusun Blang Ucak Desa Pendere Saril Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah.

Kegiatan PKTD Rehabilitasi Jalan Rabat Beton Kampung Pendere Saril tersebut dilaksanakan menurut usulan dari Masyarakat Desa melalui kegiatan musrenbang tahun 2023. Yang mana sebelumnya masyarakat yang mengeluhkan sulitnya jalan yang sudah rusak berat lantaran kondisi jalan banyak dilalui masyarakat karena terdapat permukiman dan perkebunan masyarakat. dan perlu diketahui bahwa program ini merupakan program dari ketahanan pangan Kampung (Peningkatan Jalan Usaha Tani/Produksi Pertanian). 

Kegiatan PKTD ini didampingi oleh  Pemerintah Desa, serta RGM sebagai pengawasan, Reje Kampung Bapak Armioga mengatakan dengan adanya kegiatan  PKTD ini masyarakat sangat terbantu karena mereka juga mendapatkan penghasilan dari kegiatan PKTD tersebut. Pemerintah Desa Pendere Saril juga mengajak kepada seluruh masyarakat untuk selalu bergotong royong dalam menjaga lingkungan sekitar kita.