REMBUK STUNTING TAHUN 2025 PEMDES PENDERE SARIL

  • Oct 03, 2024
  • Admin
  • BERITA, DANA DESA, KESEHATAN

penderesaril.desa.id- Selasa (01/10/2024) Dalam Rangka pelaksanaan percepatan dan pencegahan Stunting di Desa Pendere Sairl, Pemerintah Desa Pendere Saril Melaksanakan Kegiatan Rembuk Stunting Desa Tahun 2025 bertempat di TPA Desa Pendere Saril.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ahli Gizi Puskesmas Kec Bebesen Kepala Desa dan Perangkat Desa, RGM dan Anggota, Ketua TP.PKK ,Bidan Desa, Kader KB, KPM, Kader Posyandu dan Pendamping Desa serta Ibu Hamil dan Menyusui Pendamping PKH dan Penyuluh Pertanian.

Rembuk stunting ini merupakan salah satu rangkaian pramusyawarah desa untuk penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa tahun 2025, juga menjadi amanat Pemerintah Pusat dan Kabupaten terhadap pemerintah desa agar memprioritaskan penggunaan dana desa tahun 2025 untuk pencegahan dan penanganan stunting.

Program ini harus dilaksanakan secara terpadu, terkoordinasi oleh berbagai lintas sektor,mengingat urgensi persoalan stunting ini, maka diwajibkan Bagi Desa menuangkan dalam RKP Desa dan APBDes untuk memastikan adanya program penanganan dan pencegahan stunting.Langkah ini diambil dengan harapan dapat membangun kapasitas dan komitmen pemerintah desa dalam merencanakan, mengimplementasikan, memantau, dan mengevaluasi intervensi yang terpusat guna mengurangi angka gagal tumbuh anak,Hal ini menjadi penting sebab pencegahan dan penanganan stunting menjadi salah komitmen pencapaian pemerintah dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Dalam kesempatan tersebut, bidan gizi memberikan tanggapan dan masukan terkait PMT Posyandu Balita dan meminta untuk mengadakan pemberian makan untuk balita yang rentan kurang gizi Kemudian masukan dari pihak Penyuluh Pertanian Agar Setiap Masyarakat menanam tumbuhan Apotek Hidup Agar keluarga sehat terhindar dari penyakit..

Terakhir tambahan dari Banta/Sekretaris Desa bahwa untuk usulan atau masukan terkait kegiatan pencegahan stunting mudah-mudahan bisa dilaksanakan pada tahun berikutnya dan akan diusulkan pada saat Musyawarah Desa tentang RKP Desa Tahun 2025.

Hasil dari Rembuk Stunting adalah :

  1. Penyampaian konvergensi percepatan dan pencegahan stunting Desa Pendere Saril
  2. Penyampaian usulan prioritas berdasarkan laporan capaian konvergensi stunting
  3. Beberapa permasalahan dan aspirasi akan di sampaikan pada acara  Musyawarah Desa  Penyusunan RKPDesa Tahun 2025
  4. Penanganan stunting jadi perhatian khusus dan berkomitmen Pemerintah Desa Pendere Saril dalam menurunkan angka stunding dan gizi buruk pada anak-anak.