SOSIALISASI DAN PEMBENTUKAN TIM RKPK PENDERE SARIL TAHUN 2025

  • Sep 25, 2024
  • Admin
  • BERITA, DANA DESA, KEGIATAN

Penderesaril.desa.id] Pemerintah Desa Pendere Saril melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan desa (RKPDes) dan pembentukan tim penyusunan RKPDes. Acara ini dihadiri oleh Reje Pendere Saril.RGM Sarak Opat,Pendamping Desa dan Tokoh Masyarakat.

Dalam musyawarah tersebut, ditegaskan bahwa tim penyusunan RKPDes yang akan dibentuk, diharapkan terdiri dari anggota yang memadai.Oleh karena itu, pemilihan dan pembentukan tim penyusunan RKPDes harus diisi oleh orang-orang yang mau dan mampu serta memiliki visi yang bagus untuk membawa perubahan. Rencana yang disusun juga harus logis dan realistis agar dapat diimplementasikan dengan baik.

Tim penyusunan RKPDes akan terdiri dari 15 anggota yang dipilih oleh Reje, dan wajib mengikutsertakan perempuan 30 % dalam keanggotaan tim. Ini bertujuan untuk memastikan partisipasi yang inklusif dan beragam dalam perencanaan pembangunan desa.

RKPDes sendiri merupakan penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDes) yang diusulkan pemerintah desa kepada pemerintah kabupaten/kota. Dengan adanya partisipasi dari tim penyusunan RPJMDes dalam RKPDes, diharapkan hasilnya akan menjadi Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2025 yang efektif dan tepat sasaran.

Adapaun tahapan dalam penyusunannya, sebagai berikut:

1. Pembentukan Tim Penyusun RKP Desa
2. Pencermatan dan penyelarasan rencana kegiatan dan pembiayaan Pembangunan Desa
3. Pencermatan Ulang RPJM Desa
4. Penyusunan Rancangan RKP Desa dan DU-RKP Desa
5. Musrenbang Desa pembahasan rancangan RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa
6. Musyawarah Desa pembahasan dan pengesahan RKP Desa dan daftar usulan RKP Desa

Melalui musyawarah ini, diharapkan Desa Pendere Saril dapat merencanakan pembangunan yang lebih baik dan menjadikan desa ini sebagai desa yang maju dan mandiri di masa yang akan datang.