MUSYAWARAH DESA PEMBENTUKAN BUMK PENDERE SARIL TAHUN 2022

  • Nov 28, 2022
  • Admin
  • BERITA, PEMERINTAHAN, KEGIATAN

Penderesaril.desa.id 24-11-2022] Pemerintahan Kampung Pendere Saril telah melaksanakan Musyawarah Pembentukan BUMK tahun 2022 . di hadiri oleh Bedel Kampung Pendere Saril,Perangkat desa Anggota RGM, Pendamping Desa, pendamping Lokal Desa Tokoh Masyarakat dan Bhabinkamtibmas.

Badan Usaha Milik Desa merupakan Lembaga Usaha Desa yang dikelola oleh masyarakat dan Pemerintah Kampung Pendere Saril dalam upaya memperkuat perekonomian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa.

BUMK merupakan pilar kegiatan ekonomi di kampung yang berfungsi sebagai lembaga sosial (social institution) dan komersial (commercial institution). BUMK sebagai lembaga sosial berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial. Sedangkan sebagai lembaga komersial bertujuan mencari keuntungan melalui penawaran sumberdaya lokal (barang dan jasa) ke pasar. Dalam menjalankan usahanya prinsip efisiensi dan efektifitas harus selalu ditekankan.

Merujuk uraian penjelasan mengenai manfaat, tujuan dan fungsi serta prinsip - prinsip BUMK maka Pemeritah Kampung pendere Saril Kecamatan Bebesen menyelenggarakan Musyawarah Desa dalam rangka pembentukan Badan Usaha Milik Desa yang dilaksanakan bertempat di TPA Kampung Pendere Saril pada hari Kamis, 24 November 2022 dengan musyawarah menghasilkan nama BUMK "PELIPEN" dengan kepengurusan sebagai berikut :

TIM PENGAWAS :

  1. Husnul Qadar Cibro, M.Pd.

PENASIHAT :

Reje Kampung Pendere Saril

TIM PELAKSANA :

Direktur : Munawir.N

Sekertaris : Rudi Waniara

Bendahara : Lisna Andriani

 

Semoga dengan pembentukan BUMK PELIPEN dapat menambah kesejahteraan masyarakat Kampung Pendere Saril, meningkatankan Pendapatan Asli Desa (PAD), dan menjadi promotor perekonomian di Kampung Pendere Saril serta menjadi sentral usaha yang modern.