PEMDES PENDERE SARIL MELAKSANAKAN PELATIHAN FARDHU KIFAYAH TAHUN ANGGARAN 2023

  • Aug 02, 2023
  • Admin
  • BERITA, KEGIATAN

penderesari.desa.id Rabu 02 Agustus 2023.] Setiap yang hidup pasti akan merasakan kematian” (Ali Imran : 185). Kematian merupakan suatu kepastian, oleh karena itu kita harus selalu mempersiapkan kematian yang entah kapan menghampiri.

Pemerintah Kampung Pendere Saril  menggelar pelatihan fardhu kifayah pada hari Rabu tanggal 02 Agustus 2023 guna untuk meningkatkan pengetahuan tata cara mengurus mayat bertempat di TPA Kampung Pendere Saril.

Acara tersebut di buka langsung oleh Reje Kampung Pendere Saril Bpk Armioga, menjelaskan dalam sambutannya bahwa tujuan dari acara pelatihan ini adalah agar peserta memiliki kemampuan dalam penyelenggaraan jenazah dengan baik dan benar, pelatihan ini salah satu upaya desa memberikan pengetahuan tentang fardhu kifayah kepada masyarakat. “Masyarakat harus mampu dan mau belajar tentang salah satu fardhu kifayah ini, khususnya untuk pribadi dan masyarakat sekitarnya agar saat ada yang membutuhkan dapat segera dibantu,” katanya.

Pada Saat pelatihan fardhu kifayah ini, menghadirkan 2 Nara sumber Yaitu Bpk H.Nurdin Bahtera selaku Imam Kampung Pendere Saril dan Tgk Buhari Abdullah" Salah satu tokoh Agama di Kampung Pendere Saril. Kegiatan ini diikuti sebanyak 25 peserta mulai dari Imem Dusun  dan Tokoh Masyarakat.

Antusiasisme masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan ini sangat luar biasa, tetapi mengingat keterbatasan tempat dan Anggaran maka tidak semua warga bisa mengikuti pelatihan ini. Kewajiban seorang muslim terhadap muslim yang meninggal adalah merawat dan mengurusnya dengan benar serta menyegerakan penguburannya, kecuali ada hal yang memaksa untuk menunda. Adapun hukum mengurus jenazah adalah fardhu kifayah, artinya apabila di Kampung Kita ada seorang meninggal dunia dan sudah ada yang mengurusinya, maka yang lain telah terbebas dari kewajiban dan tidak berdosa, akan tetapi, apabila tidak ada satupun orang yang mau mengurusnya, maka kita semua berdosa."Bpk.H.Nurdin Bahtera".

Pelatihan ini adalah salah satu upaya Pemerintah Kampung Pendere Saril untuk meningkatkan SDM dalam hal Keagamaan Terkhusus di bidang fardhu kifayah.  Ibu Sari Murni salah seorang peserta dan merupakan Tokoh Masyarakat menyambut baik pelatihan ini. Pelatihan seperti ini memang harus dilakukan. Mengingat masyarakat sedikit yang mengerti dan paham tentang pelaksanaan/penyelanggaraan Fardhu Kifayah. “Kami harap, Pemerintah Kampung Pendere Saril bisa terus selalu menganggarkan untuk pelatihan pelatihan keagamaan yang sifatnya umum dalam setiap tahunnya ” pungkasnya.