REMBUK STUNTING KAMPUNG PENDERE SARIL 2022

  • Admin
  • Nov 25, 2022
BERITA, DANA DESA, KEGIATAN, KESEHATAN

Penderesaril.desa.id. Pada Hari Kamis (24/10/2022), pukul  09.00 wib – selesai, bertempat di TPA Kampung Pendere Saril, kegiatan tersebut dihadiri oleh Bedel Kampung pendere Saril, Perangkat Desa , RGM, KPM, Tokoh Masyarakat, Posyandu PKK, Pendamping Lokal Desa, dan Pendamping Desa.

Stunting adalah kondisi serius pada anak yang ditandai dengan tinggi badan anak di bawah rata-rata atau anak sangat pendek serta tubuhnya tidak bertumbuh dan berkembang dengan baik sesuai usianya dan berlangsung dalam waktu lama.

Rembuk stunting merupakan rangkaian dari tahapan penyusunan perencanaan ditingkat Kampung untuk merumuskan kebijakan/ prioritas wajib sehubungan pengentasan stunting dalam rumusan RKP Kampung.

Dalam kesempatan tersebut bapak Emir Pendamping Desa selaku Narasumber menyampaikan agar mari kita bersama-sama membantu untuk pencegahan stunting, yang di mulai dari remaja, ibu hamil dan anak-anak.

Adapun kegiatan utama dalam rembuk stunting di Desa, meliputi:
1). pembahasan usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif yang disusun dalam diskusi kelompok terarah; dan
2). pembahasan dan penyepakatan prioritas usulan program/kegiatan intervensi gizi spesifik dan sensitif. Kesepakatan hasil rembuk stunting di Kampung dituangkan dalam Berita Acara yang ditandatangani oleh perwakilan peserta rembuk stunting, dan pemerintah Kampung.

Ada beberapa permasalahan yang dihadapi dalam penurunan stunting. yaitu PMT untuk Ibu Hamil yang terbatas, Sarana Prasarana, Kedatangan Balita yang kurang, Penyuluhan Posyandu, Pelatihan Gizi buruk dan Pelatihan Pola Asuh Anak, Penguatan Kapasitas Kader Posyandu, Sosialisasi Pencegahan Pernikahan Anak Usia Dini.

Sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 72 Tahun 2021 tentang Percepatan Penurunan Stunting, dan wajib menjadi kegiatan Prioritas di Tahun 2023 Yang dianggarkan dari Dana Desa.